Cabe..Pedas..wow!


cabe-organik Suku terung-terungan ini berwarna menantang. Merah. Sate manis betawi, mutlak memakai cabe sebagai salah satu komponen bumbunya. Tanpa cabe, tak ada Sate Manis Betawi.
Biasanya orang merasa sariawan bila kekuarangan vitamin C atau sering makan makanan yang pedas. Tapi ternyata cabe mengandung juga vitamin C. Waah.. sesuatu yang berseberangan. Saya jadi ingat, dulu ada saudara saya berkata “kalau gusi sariawan sekalian aja makan sambel yang puueedesss, biar mantep”. Dari pengakuan dia, sariawannya sembuh. Benar juga karena ternyata cabe mengandung Vitamin C. Ditambah lagi ada keterangan bahwa cabe memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari buah citrus/jeruk1. Wooow. Amazing isn’t it?  (pesan Sate Manis Betawi 0811 976 411 )


Cabe dikenal juga dengan nama Capsicum (yang termasuk capsicum adalah cabe dan lada). Telah diketahui bahwa capsicum memiliki banyak efek positive bagi kesehatan. Tidak seperti sayuran lain, cabe hanya kehilangan 1/3 kandungan vitamin C nya saat dimasak !. Hebat!
Cabe juga disarankan untuk membantu system cardiovascular. Capsicum juga membantu mengurangi tekanan darah.
Selain itu, cabe juga bagus untuk mengurangi berat badan karena cabe membakar kalori dengan mudah1. Tapi tentu kita juga tahu bahwa cabe merangsang nafsu makan. Dan telah diketahu cabe juga dapat membersihkan paru-paru.
satedannas yummyi-smallUntuk menghilangkan rasa terbakar dilidah akibat cabe, makanlah yang mengandung lemak seperti susu, gula atau es krim. Ada yang memberi saran dengan susu dingin. Sudah saya buktikan bila kepedasan maka saya minum susu dingin. Dan, berhasil.. rasa pedas meredup. Minum air putih tidak akan mengurangi kepedasan di mulut karena capsaicin (zat yang menyebabkan cabe terasa pedas) tidak larut dalam air.
Demikian sekelumit informasi tentang salah satu ciptakan Allah yang ternyata begitu hebat. Dari warnanya, rasanya, hingga khasiatnya. Subhanallah..

Sumber:
1. http://www.weightlossresources.co.uk/nutrition/foodfile/chilli.htm
2. http://www.chilly.in/chilli_benefits.htm
3. http://www.wikipedia.com

Pesan Sekarang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s