Kemangi Berkhasiat dan Laksa Betawi Lezat: Teman Akrab


Laksa

Laksa Betawi

Sate Manis Betawi, Laksa Betawi, sudah biasa ditemani pula dengan lalapan kemangi. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya akan menambah aroma sedap setiap masakan. Tanpa kemangi, rasanya ada yang kurang dalam Laksa Betawi. Sambil makan sate, laksa yang gurih nian bin lezat itu diselingi dengan makan lalapan daun kemangi, pasti pas. Yang satu gurih(sate) yang satu seger (kemangi). Yang satu lezat, yang satu berkhasiat. Yang satu merah kuning menantang, yang satu hijau menyegarkan. Seimbangkan?

Lalu bagaimana dengan Sate Manis Betawi? Kan udah pernah dijelaskan bahwa tesen(teman)nya Sate Manis Betawi adalah Laksa betawi, biasa disantap bersamaan. Sate Manis temennya Laksa, Laksa Temennya Kemangi. Bisa ga kita bilang bahwa Sate adalah juga temennya Kemangi. Hehehe.. seru kan!?

Menurut John Henry M. dalam bukunya yang berjudul “A Dictionary of Practical Material Medical“, daun kemangi berkhasiat menyembuhkan Kemangigangguan pencernaan, nyeri payudara, dan batu ginjal. Selain itu, kemangi juga dapat mengatasi influenza, gangguan menstruasi, sakit telinga dan sakit kepala/migrain, infeksi usus, dan gangguan saraf. Tidak hanya itu, aroma kemangi dapat menolak gigitan nyamuk.

Bagi pria, senyawa 1-8 sineol dalam kemangi dapat mengatasi masalah ejakulasi prematur, dan zat argininnya dapat mempertinggi daya tahan sperma serta mencegah kemandulan. Sedangkan bagi wanita, senyawa anetol, boron, eugenol, dan stigmaasterolnya mampu merangsang hormon estrogen, membunuh jamur penyebab keputihan, serta merangsang pematangan sel telur.

2

 

Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Sebagai lalapan, daun kemangi biasanya dimakan bersama-sama daun kubis, irisan ketimun, dan sambal untuk menemani ayam atau ikan goreng. Di Thailand ia dikenal sebagai manglak dan juga sering dijumpai dalam menu masakan setempat.

Kemangi adalah hibrida antarspesies antara dua spesies selasih, Ocimum basilicum dan O. americanum. Ia dikenal juga sebagai O. basilicum var. anisatum Benth. Aroma khasnya berasal dari kandungan sitral yang tinggi pada daun dan bunganya.1

Karena harum kemanginya, dapat diolah juga menjadi biang parfum, pelembab tubuh, dan minyak aroma terapi. Dan bila dicampur dengan lulur,  kemangi dapat merangsang peredaran darah di tubuh sehingga kulit lebih halus dan berkilau, serta mengatasi masalah jerawat dan kerontokan rambut.

Menurut Shinde, kemangi telah digunakan dalam sistem pengobatan tradisional di India dan Eropa selama berabad-abad. Air rebusan kemangi atau salad kemangi segar telah lama digunakan untuk mengatasi peradangan, mulai dari bronkitis dan asma  hingga penyakit kulit dan radang sendi.  Selain itu, kemangi juga dinyatakan bisa mencegah diabetes dengan mengurangi kadar gula darah3

Studi menemukan, jika dikonsumsi secara oral, ekstrak dari dua jenis kemangi (Ocimum americanum dan Ocimum tenuiflorum) terbukti bisa mengurangi peradangan di persendian hingga 73%, hanya dalam waktu 24 jam. 3

Untuk urusan wangi, kemangi juga dipercaya dapat mengatasi bau badan serta bau mulut. Kalau tadi bisa jadi bahan parfum, artinya harum dari luar. Nah, sekarang harum dari dalam. Caranya adalah dengan membuat air rebusan kemangi. Kalau dimakan begitu saja bisa kok, tapi kalo kemanginya direbus lebih mantap lagi.

Ternyata banyak ya khasiat kemangi.

Selamat menikmati Sate Manis Betawi cang Soleh bersama lalap daun kemanginya. Inget lho.. itu kemangi bukan Cuma hiasan.

Source:

  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Kemangi
  2. http://carahidup.um.ac.id/2009/06/khasiat-daun-kemangi/

http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/10/02/1674/9/Kemangi-Ampuh-Usir-Radang-Sendi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s