Ayo coba sebutkan sate apa saja!!


SateManis Mantapp

Sate Manis Betawi

Ayo coba sebutkan sate apa saja yang anda ketahui selain Sate Manis Betawi dan Sate Ayam? Lumayan banyak juga apa-apa yang bisa disebut sate atau diolah menjadi sate. Berikut ini penulis coba telusuri dan kumpulkan nama-nama sate yang jarang atau mungkin tidak pernah terdengar oleh telinga kita.

Sate Ayam Ponorogo adalah jenis sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur. Daging ayamnya sendiri sangat empuk dan bumbunya meresap. Sate Ponorogo berbeda daripada Sate Madura yang populer. Perbedaannya adalah pada cara memotong dagingnya. Dagingnya tidak dipotong menyerupai dadu seperti sate ayam pada umumnya, melainkan disayat tipis

panjang menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Sate daging ayam dapat disajikan bersama dengan sate usus, kulit, dan telur ayam muda. Perbedaan berikutnya adalah sate Ponorogo melalui proses perendaman bumbu (di”bacem”) agar bumbu meresam ke dalam daging. Sate daging, usus, dan kulit dibumbui dengan bumbu kecap dan minyak sayur. Alat pemanggang sate Ponorogo terbuat dari tungku (panggangan) yang terbuat dari tanah liat. Panggangan ini memiliki lubang di satu sisi untuk mengipas bara arang didalamnya. Setelah berwarna kecoklatan, semua sate diletakkan di atas piring untuk dibumbui lagi dengan Bumbu Spesial. Setelah matang, sate dilumuri dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus, disertai irisan bawang merah dan cabai rawit.

Sate kalong. Sate ini ternyata Cuma sebutan saja. Dagingnya bukan dari daging kalong/codot/kampret/kelelawar. Ternyata terbuat dari daging kerbau. Berasal dari Cirebon. Pengolahannya adalah daging kerbau dihaluskan dengan cara ditumbuk. hampir seperti dendeng. Disebut Sate Kalong karena, Penjual sate ini hanya keluar pada saat sore hari (seperti kalong yang keluar pada saat matahari hampir tenggelam) dan berjualan sepanjang malam. Ke khas-an penjualnya juga, mereka mengantungkan Genta (klenengan) sapi pada pikulannya. Sehingga bila mereka berjalan akan terdengar bunyi genta sapi itu.

Sate lalat.  Ternyata sate lalat juga sama. Cuma sekedar nama. Kalau sekilas bisa terkesan menjijikkan. Sebenarnya terbuat dari daging kambing atau ayam. Sate lalat, atau dalam bahasa Madura biasa disebut sate laler, tidak dibuat dari lalat, melainkan dari daging kambing atau ayam, yang dipotong kecil-kecil sehingga kelihatan seperti lalat. Sate dari Pamekasan, Madura ini dibakar sekadarnya saja, tidak terlalu lama. Namun bumbu kacang dan kecapnya membuat sate ini terasa nikmat. Sate lalat biasanya dijual per ikat dan seikatnya terdiri dari 25 tusuk.

Sate Banjar. Banjarmasin ada juga lho sate nya. Terbuat dari daging sapi. Ada yang berbeda dari Sate Banjar ini. Salah satu bumbunya menggunakan saos tomat.

Sate maranggi . Umumnya sate maranggi terbuat dari daging kambing ataupun sapi. Sate ini berasal dari tanah Pasundan. Bisa dikatakan berasal dari Purwakarta, tapi ada sebagian yang berpendapat Sate Maranggi berasal dari daerah Cianjur. Di Purwakarta, sate ini disajikan dengan sambal cabe rawit diramu dengan tomat iris yang dibejeg kasar. Sedangkan di Cianjur, sate ini dibubuhi sambal oncom. Perbedaan sate maranggi dengan jenis sate lainnya terletak pada bumbu yang terbuat dari kecap serta memiliki cita rasa campuran antara manis, asam, dan pedas. Perpaduan rasa tersebut sangat terasa menyentuh lidah. Rasa manis ditimbulkan dari kecap, asam dari cuka lahang (cuka yang terbuat dari tebu), dan pedas yang berasal dari cabai hijau.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_sate
http://id.wikipedia.org/wiki/Sate_kalong
http://id.wikipedia.org/wiki/Daging_anjing
http://id.wikipedia.org/wiki/Sate_Ponorogo
http://www.okefood.com/read/2009/08/28/302/252370/sate-maranggi-khas-pinggir-pantai
http://dapurmlandhing.dagdigdug.com/2009/10/18/sate-maranggi/

One thought on “Ayo coba sebutkan sate apa saja!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s