Bawang Putih dan Ragam Manfaatnya


 Bawang putih banyak ditemukan dalam ragam jenis makanan. Sering kali dalam sea-food, dan makanan cina. Selain bermanfaat menyedapkan masakan, bawang putih diyakini memiliki banyak sekali manfaat lain.

Nama latin dari bawang putih adalah Allium sativum, yang termasuk dalam keluarga bawang.

Ibu saya memapak bawang putih hingga terasa keluar “sari” nya, dan tidak berapa lama sakit gusi nya sembuh. Ada apakah dengan bawang putih?

Antibiotik pada bawang putih telah lama secara mendalam terus menerus dipelajari. Louis Pasteur menguji penggunaan Bawang Putih sebagai antibakteri jauh-jauh hari sejak abad sembilan belas dan menunjukkan bahwa bawang putih membunuh bakteri dalam kondisi laboratorium. Banyak studi modern juga menegaskan bahwa bawang putih memiliki antibiotic tertentu yang efektif melawan banyak jenis bakteri, jamur dan virus.

—PESAN SATE SEKARANG : 0811 976411—-0811 976 412—021 5410173
Sifat antibiotik bawang putih adalah akibat langsung dari allicin. Zat allicin ini dihasilkan saat bawang putih yang digerus kasar. Anti biotic dalam bawang putih akan hancur/hilang termakan waktu. Bawang putih yang telah dimasak hampir tidak memiliki nilai antibiotik meskipun masih tetap memiliki manfaat lain

Salah satu keuntungan dari bawang putih yang signifikan adalah bahwa tampaknya tubuh tidak membangun perlawanan terhadap bawang putih seperti halnya terhadap banyak antibiotik modern.

Telah ada lebih dari 250 publikasi yang menunjukkan bahwa bawang putih mendukung sistem kardiovaskular. Bawang putih menurunkan kadar kolesterol dan triglyceride dalam darah.Bawang putih tampaknya memiliki kira-kira 1% kekuatan penisilin terhadap bakteri jenis tertentu. Bawang putih bukan merupakan pengganti antibiotik, tetapi dapat dianggap mendukungan melawan infeksi bakteri tertentu. Bawang putih telah menunjukkan keuntungan jangka panjang dalam pengobatan bagi infeksi jamur berulang. Mungkin inilah sebabnya dulu waktu saya kecil pernah diberitahu untuk mengobati panu, maka oleskan saja bawang putih.

Untuk urusan pencernaan, bawang putih juga memberikan manfaatnya. Bawang putih diketahui merangsang gerak peristaltik dan membantu sekresi cairan pencernaan. Siung bawang putih yang digerus kemudian dicampurkan ke dalam air atau susu dapat mengobati untuk semua jenis gangguan pencernaan. Bawang putih gerus tersebut memiliki efek antiseptik dan merupakan obat yang sangat baik untuk penyakit menular dan radang lambung dan usus. Minyak bawang putih diserap ke dalam saluran pencernaan dan dihilangkan sebagian melalui urin.

Yang harus diperhatikan pula oleh kaum muslimin dalam mengkonsumsi bawang putih adalah Hadits Rasullullah SAW berikut:

“Barangsiapa makan bawang putih atau bawang merah hendaklah menjauhi kita atau menjauhkan diri dari masjid kita dan sebaiknya tinggal di rumahnya.” (HR. Bukhari)

Keterangan:

Sesungguhnya malaikat merasa terganggu dengan bau bawang merah dan bawang putih sebagaimana manusia pun merasa terganggu dengan bau tersebut. Namun jika bau tersebut bisa hilang, misalnya dengan gosok gigi dengan pasta gigi atau berkumur dengan zat penghilang bau, maka diperbolehkan untuk ke masjid dan berkumpul dengan kaum muslimin lainnya.

Demikian sekelumit manfaat dari sekian banyak manfaatnya bawang putih.

Referensi:

Garlic: A natural antibiotic (American Chemical Society)

http://www.garlic-central.com/antibiotic.html

http://www.emaxhealth.com/19/1024.html

1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) – Dr. Muhammad Faiz Almath – Gema Insani Press

[tag bawang putih dan manfaatnya, manfaat bawang putih, hadits bawang
putih, kegunaan bawang putih, sate manis, sate betawi, sate manis betawi, sate
manis betawi cang soleh, pusat penjualan sate, pusat jual sate manis, pusat
sate]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s