Kayanya Bahasa Betawi: 17 kata sepadan untuk kata “Pukul”


Ngomongin bahasa, saya ga sadar bahwa ternyata bahasa betawi begitu kaya. Dan mungkin yang paling kaya di Indonesia ini. Jadi ingin sama bahasa Arab, yang punya buanyak banget pecahan-pecahan kata. Kite ambil contoh untuk satu kata dulu yaitu “pukul”, dalam bahasa inggris yaitu hit/punch. Ternyata dalam bahasa betawi ada seabreg kata yang semakna dengan pukul, yang masing masing punya “rasa” sendiri sendiri. Mengutip dari majalah Sin Tjun, No. 1, 1956, dengan penulisnya yang bernama Kwee Kek Beng, berikut ini adalah kata-kata semakna dengan pukul yang dimiliki oleh bahasa betawi:

  1. gaplok
  2. Jitak
  3. Jotos
  4. cepol
  5. embat
  6. timpa
  7. kabi
  8. teke
  9. enjot
  10. hantem
  11. toyot
  12. gasak
  13. kemplang
  14. tonjok
  15. ebat
  16. labrak
  17. tokia

Penggunanaannya pun berbeda-beda untuk menghasilkan ”rasa” bahasa yang unik. Misalnya “pukul” aje ntu orang sampe dapat “telor asin” (benjol) atau “keluar kecap” (berdarah). Jitak die punya jidat, toyor orang punya mulut, tempeleng orang punya pipi, ebat dengan rotan, tonjok orang punya cecongor.

Wah wah wah.. ternyate..

Baru sadar bahasa betawi gitu kaya. Karena jarang digunain kecuali sedikit saja dalam kesempatan yang sempit, seperti saat kumpul-kumpul keluarga dan lebaran, jadi banyak yang lupa bin ilang dari perbendaharaan.

Dan salah satu buktinya adalah gaya penulisan dalam blog ini yang tidak menggunakan bahasa betawi asli, tapi bahasa indonesia informal. Lama-lama orang betawi jadi kaku ngomong betawi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s