Yel Yel tukang sate


Di daerah cengkareng, di pinggiran Jakarta yang sangat berbatasan dengan tangerang, selepas maghrib tukang sate sudah mulai jualan. Ada yang keliling ada yang mangkal. Lebih tepatnya tukang sate madura. Kalo yang mangkal biasanya jual juga sop kambing dan sate kambing. Kalo tukang sate padang, jarang, bahkan hampir tak ternah kedengaran keliling kampung.

Teriakan tukang sate madura manggil pembeli, lucu dan unik kedengarannya. Tapi kan memang harus begitu, punya ciri khas sehingga dikenali. Teriakan si kang sate kedengarannya mirip dengan kata ”saa (n) deee”. Ya, mirip dengan kata “Sandi”. Btw, sandy adalah sepupu saya. Sehingga sering kali suka ngeledekin si Sandy kalo tukang sate liwat depan rumah “San.. dipanggil tuh” atau “ sandy.. ada yang manggil tuch, mungkin temennya”. Memang betul.. mirip banget seperti manggil si Sandy. Tinggal si Sandy, jadi manyun setelah tahu dia lagi digodain.

Lain lagi di daerah Kelapa dua – Depok, dikomplek kami tukang sate padang yang sering keliling. Jarang terdengar tukang sate madura yang keliling. Biasanya mangkal.

Tukang sate padang ini, punya juga teriakan/ yel-yel memanggil pembeli yang khas. “Sate pad-dang”, Dengan huruf D yang kental. Betul sekali, seperti lidah orang jawa. Dan sepertinya memang yang jualan sate padang itu adalah orang jawa. Jadi Teriakan nya seperti itu adanya. Oqke lah kalo beqgitu… no problem.

Kalo sate manis betawi cang soleh, mangkal sih, mangkalnya di web dan keliling sesekali yaitu dari mulut para anggota keluarga memasarkan ke orang-orang. Entah, apa jaman dulu sate betawi ini dijajakan keliling atau tidak. Harus nanya dulu sama sesepuh nih untuk pastinya. Bila motto” bikin nambah-nambah” Jadi Yel-yel gimana bunyinya yach? Boleh juga dicoba.

Sate Betawi Cang Soleh > Bikin Nambah Nambah

Pesan: 0811 976 412 (Shinta), 0811 976 411(Rifky)

Untuk acara arisan, pesta nikah, acara komunitas, acara kantor, dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s